Peran
Penting Interpersonal Skill
Banyak
dari kita yang belum mendengar istilah dari interpersonal skill dan Bagaimana
cara Meningkatkan Kemampuan Interpersonasl Skill? Apa
Peranan Penting Interpesonal Skill? Apa Sih Manfaat Interpersonal Skill? Artikel
ini akan mengenalkan sedikit tentang interpersonal skill dan Peran Penting
Interpesonal Skill. Yuk! Mari kita bahas bersama-sama pengertian interpersonal
skill berikut ini.
A.
Kemampuan Soft Skill yang harus di
tingkatkan Untuk Sukses dalam Dunia kerja
Sebelum berbicara apa peranan penting
interpersonal skill. Kita harus meningkatkan Soft Skill yang kita punya untuk
sukses dalam dunia kerja. Soft Skill merupakan bagian interposanal kita.
1. Selalu
Mencoba untuk Bersikap Apresiatif
Ketika kita banyak memberikan apresiasi
terhadap suatu hal yang dikerjakan orang lain, maka sebagai imbal-baliknya kita
juga akan semakin dihargai orang lain. Di sini kita menciptakan iklim yang
hangat antar sesama teman kerja, kolega atau orang lain yang terlibat dalam
pekerjaan.
2. Murah
Senyum
Senyum adalah hal sepele namun terkadang
sangat sulit untuk dilakukan. Untuk menjadi orang yang murah senyum perlu
latihan untuk menunjang interpersonal
kita. Jangan pernah meremehkan hal ini! Dengan tersenyum otomatis memancarkan
energi positif terhadap orang lain.
3. Simpatik
Jadilah orang yang simpatik karena
meskipun itu hanya sekedar ucapan, akan tetapi dapat mempengaruhi orang lain
untuk lebih tegar, lebih bahagia, lebih percaya diri dan lain sebagainya.
Ungkapan simpatik merupakan hal yang sederhana namun memiliki efek besar
terhadap suatu tindakan atau kondisi yang mereka alami. Jika Anda adalah orang
yang simpatik terhadap kondisi orang lain, maka pasti Anda akan menuai hal yang
sama dari orang lain. Kaitannya dengan dunia kerja tentunya sangat gamblang.
Efeknya tidak harus instan, akan tetapi yang pasti perbuatan Anda tersebut akan
semakin mempermudah karir atau pekerjaan. Dan ingatlah kesuksesan itu terkadang
timbul dari hal-hal yang tidak diduga.
4. Aktif Mendengar kan daripada Berbicara
Aktif mendengarkan lebih utama daripada
aktif dalam berbicara karena lebih sulit menjadi pendengar yang baik daripada
jadi pembicara ulung sekalipun. Tidaklah kita selalu mencermati kebesaran
Tuhan, kenapa telinga kita dibuat dua dan mulut hanya satu? Telinga memiliki
peran ganda yaitu untuk mencermati dan
mempelajari hal-hal yang tidak diketahui. Dengan banyak mendengar kita selalu
mendapatkan keuntungan ganda, daripada banyak berbicara. Aplikasinya dalam
dunia kerja, dengan aktif mendengarkan apapun juga terkait dengan pekerjaan
akan membuat Anda sekaligus sebagai orang yang apresiatif dan menghargai
pendapat orang lain.
5. Kedepankan
Sikap Kebersamaan
Sudah menjadi kodrat manusia untuk
menjunjung kebersamaan karena manusia adalah makhluk sosial dan tidak mungkin
seorang manusia hidup tanpa ada manusia lain yang membantunya. Kebersamaan
dalam dunia kerja akan meningkatkan produktivitas, memunculkan peluang untuk
saling mengisi kekurangan dan membentuk kekuatan yang sulit untuk dikalahkan
oleh pesaing. Dalam ruang lingkup yang lebih besar sifat kebersamaan ini akan
menumbuhkan kebijakan-kebijakan dan win-win solution antara perusahaan dengan
konsumennya.
6. Jangan
Segan Untuk Mengulurkan Tangan
Jika Anda memiliki kesempatan dan
kemampuan jadilah orang pertama yang menawarkan bantuan terhadap rekan kerja
atau orang lain yang sedang membutuhkan solusi. Jangan segan untuk menawarkan
bantuan karena kebaikan Anda tidak akan pernah dilupakan oleh mereka. Dengan
begitu Anda akan menjadi orang yang dapat mereka percaya dan selalu akan siap
membantu Anda ketika dalam kondisi yang sulit.
7. Perbaiki
Cara Komunikasi
Untuk dapat berkomunikasi dengan baik
memang diperlukan ilmu komunikasi yang mumpuni. Sangat beruntung jika Anda
pernah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi, karena Anda pasti
mendapatkan bekal ilmu komunikasi yang baik. Akan tetapi jika Anda tidak pernah
mengenyam pendidikan sekalipun, tetap Anda bisa mempelajari ilmu komunikasi.
Caranya sederhana, sering-sering berdialog atau berkomunikasi dengan orang yang
memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Namun yang lebih penting dari skill
komunikasi dalam proses berbincang dengan orang lain adalah memikirkan
matang-matang tentang hal yang ingin kita katakan. Jangan sampai kata-kata yang
disampaikan menyakiti lawan bicara dan menimbulkan kesalahpahaman. Ini sangat
penting dalam dunia kerja. Karena kata-kata dapat mempengaruhi tingkat
kredibilitas pekerjaan. Ingat bahwa dalam komunikasi Anda juga perlu menjadi
pendengar yang baik dan jangan menyela ketika lawan bicara sedang mengutarakan
pendapatnya.
8. Sesekali
Cobalah Untuk Menghibur Seseorang
Untuk menghibur tidak harus menjadi lucu.
Tetap dengan kepribadian Anda jadilah orang yang dapat menghibur rekan kerja
atau kolega.
9. Empati
Berempati tidak hanya sekedar simpati.
Terlebih dari itu untuk kondisi-kondisi tertentu Anda harus bisa memberikan
kepedulian dan perhatian yang mendalam. Terkadang memang sulit untuk memberikan
perhatian yang mendalam untuk suatu kasus atau kondisi tertentu. Akan tetapi
Anda harus mencobanya.
B.
Peran Penting Interpesonal Skill
Keterampilan
interpersonal mempunyai peranan yang sangat penting guna mencari kesuksesan.
Terkait dengan hal ini, ketrampilan skill dapat dibagi menjadi beberapa jenis.
Pertama
yaitu keterampilan mendengar. Komponen terpenting dari komunikasi adalah
mendengar. Maksudnya adalah tidak hanya mendengar secara harfiah dengan alat
pendengaran atau telinga saja, melainkan mampu mencerna serta menterjemahkan
maksud dari pemberi pesan atau orang yang mengajaknya berbicara.
Kedua
adalah umpan balik atau providing feedback. Umpan balik merupakan suatu
interpersonal skill dalam bentuk ketrampilan seseorang untuk memahami segala
dampak atas perilaku terhadap diri sendiri dan orang lain. Misalnya ketika
berbicara sesuatu akan membuat sakit hati atau sebaliknya bikin orang lain
menjadi senang.
ketiga
merupakan keterampilan membujuk atau persuading. Dalam hal ini seseorang harus
dapat memberikan pengertian atau bujukan pada orang lain. Sehingga orang
tersebut bersedia mengikuti kehendak maupun keinginan dari orang yang
mengajaknya secara sukarela. Keterampilan interpersonal yang terakhir disebut
resolving conflict. Maksud dari istilah ini adalah kemampuan menyelesaikan
masalah ketika sedang mendapatkan konflik dan masalah dengan orang lain.
C.
Manfaat Interpersonal Skill
Terdapat beberapa
manfaat dari interpersonal skill, seperti:
a) Meningkatkan human
relations dalam kehidupan bermasyarakat dan perusahaan.
b) Meningkatkan kemampuan
menjadi pemimpin dan dapat bekerja sama dalam tim .
c) Interpersonal skill
bukan merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, tetapi
merupakan keterampilan yang dapat dipelajari.
d) Interpersonal skill yang
baik dapat dibangun dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi yang
asertif dan efektif.
e) Mempunyai kesadaran
bertanggung jawab yang lebih besar untuk memperbaiki diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar