Sabtu, 21 Maret 2020

Peran Penting Interpersonal Skill


Peran Penting Interpersonal Skill

Banyak dari kita yang belum mendengar istilah dari interpersonal skill dan Bagaimana cara Meningkatkan Kemampuan Interpersonasl Skill? Apa Peranan Penting Interpesonal Skill? Apa Sih Manfaat Interpersonal Skill? Artikel ini akan mengenalkan sedikit tentang interpersonal skill dan Peran Penting Interpesonal Skill. Yuk! Mari kita bahas bersama-sama pengertian interpersonal skill  berikut ini.

A.    Kemampuan Soft Skill yang harus di tingkatkan Untuk Sukses dalam Dunia kerja

Sebelum berbicara apa peranan penting interpersonal skill. Kita harus meningkatkan Soft Skill yang kita punya untuk sukses dalam dunia kerja. Soft Skill merupakan bagian interposanal kita.

1.      Selalu Mencoba untuk Bersikap Apresiatif

Ketika kita banyak memberikan apresiasi terhadap suatu hal yang dikerjakan orang lain, maka sebagai imbal-baliknya kita juga akan semakin dihargai orang lain. Di sini kita menciptakan iklim yang hangat antar sesama teman kerja, kolega atau orang lain yang terlibat dalam pekerjaan.

2.      Murah Senyum

Senyum adalah hal sepele namun terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Untuk menjadi orang yang murah senyum perlu latihan untuk menunjang  interpersonal kita. Jangan pernah meremehkan hal ini! Dengan tersenyum otomatis memancarkan energi positif terhadap orang lain.

3.      Simpatik

Jadilah orang yang simpatik karena meskipun itu hanya sekedar ucapan, akan tetapi dapat mempengaruhi orang lain untuk lebih tegar, lebih bahagia, lebih percaya diri dan lain sebagainya. Ungkapan simpatik merupakan hal yang sederhana namun memiliki efek besar terhadap suatu tindakan atau kondisi yang mereka alami. Jika Anda adalah orang yang simpatik terhadap kondisi orang lain, maka pasti Anda akan menuai hal yang sama dari orang lain. Kaitannya dengan dunia kerja tentunya sangat gamblang. Efeknya tidak harus instan, akan tetapi yang pasti perbuatan Anda tersebut akan semakin mempermudah karir atau pekerjaan. Dan ingatlah kesuksesan itu terkadang timbul dari hal-hal yang tidak diduga.

4.      Aktif  Mendengar kan daripada Berbicara

Aktif mendengarkan lebih utama daripada aktif dalam berbicara karena lebih sulit menjadi pendengar yang baik daripada jadi pembicara ulung sekalipun. Tidaklah kita selalu mencermati kebesaran Tuhan, kenapa telinga kita dibuat dua dan mulut hanya satu? Telinga memiliki peran ganda yaitu untuk  mencermati dan mempelajari hal-hal yang tidak diketahui. Dengan banyak mendengar kita selalu mendapatkan keuntungan ganda, daripada banyak berbicara. Aplikasinya dalam dunia kerja, dengan aktif mendengarkan apapun juga terkait dengan pekerjaan akan membuat Anda sekaligus sebagai orang yang apresiatif dan menghargai pendapat orang lain.

5.      Kedepankan Sikap Kebersamaan

Sudah menjadi kodrat manusia untuk menjunjung kebersamaan karena manusia adalah makhluk sosial dan tidak mungkin seorang manusia hidup tanpa ada manusia lain yang membantunya. Kebersamaan dalam dunia kerja akan meningkatkan produktivitas, memunculkan peluang untuk saling mengisi kekurangan dan membentuk kekuatan yang sulit untuk dikalahkan oleh pesaing. Dalam ruang lingkup yang lebih besar sifat kebersamaan ini akan menumbuhkan kebijakan-kebijakan dan win-win solution antara perusahaan dengan konsumennya.

6.      Jangan Segan Untuk Mengulurkan Tangan

Jika Anda memiliki kesempatan dan kemampuan jadilah orang pertama yang menawarkan bantuan terhadap rekan kerja atau orang lain yang sedang membutuhkan solusi. Jangan segan untuk menawarkan bantuan karena kebaikan Anda tidak akan pernah dilupakan oleh mereka. Dengan begitu Anda akan menjadi orang yang dapat mereka percaya dan selalu akan siap membantu Anda ketika dalam kondisi yang sulit.

7.      Perbaiki Cara Komunikasi

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik memang diperlukan ilmu komunikasi yang mumpuni. Sangat beruntung jika Anda pernah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi, karena Anda pasti mendapatkan bekal ilmu komunikasi yang baik. Akan tetapi jika Anda tidak pernah mengenyam pendidikan sekalipun, tetap Anda bisa mempelajari ilmu komunikasi. Caranya sederhana, sering-sering berdialog atau berkomunikasi dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Namun yang lebih penting dari skill komunikasi dalam proses berbincang dengan orang lain adalah memikirkan matang-matang tentang hal yang ingin kita katakan. Jangan sampai kata-kata yang disampaikan menyakiti lawan bicara dan menimbulkan kesalahpahaman. Ini sangat penting dalam dunia kerja. Karena kata-kata dapat mempengaruhi tingkat kredibilitas pekerjaan. Ingat bahwa dalam komunikasi Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik dan jangan menyela ketika lawan bicara sedang mengutarakan pendapatnya.

8.      Sesekali Cobalah Untuk Menghibur Seseorang

Untuk menghibur tidak harus menjadi lucu. Tetap dengan kepribadian Anda jadilah orang yang dapat menghibur rekan kerja atau kolega.

9.      Empati

Berempati tidak hanya sekedar simpati. Terlebih dari itu untuk kondisi-kondisi tertentu Anda harus bisa memberikan kepedulian dan perhatian yang mendalam. Terkadang memang sulit untuk memberikan perhatian yang mendalam untuk suatu kasus atau kondisi tertentu. Akan tetapi Anda harus mencobanya.



B.     Peran Penting Interpesonal Skill

Keterampilan interpersonal mempunyai peranan yang sangat penting guna mencari kesuksesan. Terkait dengan hal ini, ketrampilan skill dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Pertama yaitu keterampilan mendengar. Komponen terpenting dari komunikasi adalah mendengar. Maksudnya adalah tidak hanya mendengar secara harfiah dengan alat pendengaran atau telinga saja, melainkan mampu mencerna serta menterjemahkan maksud dari pemberi pesan atau orang yang mengajaknya berbicara.

Kedua adalah umpan balik atau providing feedback. Umpan balik merupakan suatu interpersonal skill dalam bentuk ketrampilan seseorang untuk memahami segala dampak atas perilaku terhadap diri sendiri dan orang lain. Misalnya ketika berbicara sesuatu akan membuat sakit hati atau sebaliknya bikin orang lain menjadi senang.

ketiga merupakan keterampilan membujuk atau persuading. Dalam hal ini seseorang harus dapat memberikan pengertian atau bujukan pada orang lain. Sehingga orang tersebut bersedia mengikuti kehendak maupun keinginan dari orang yang mengajaknya secara sukarela. Keterampilan interpersonal yang terakhir disebut resolving conflict. Maksud dari istilah ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah ketika sedang mendapatkan konflik dan masalah dengan orang lain.


C.     Manfaat Interpersonal Skill

Terdapat beberapa manfaat dari interpersonal skill, seperti:

a)      Meningkatkan human relations dalam kehidupan bermasyarakat dan perusahaan.

b)      Meningkatkan kemampuan menjadi pemimpin dan dapat bekerja sama dalam tim .

c)      Interpersonal skill bukan merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, tetapi merupakan keterampilan yang dapat dipelajari.

d)      Interpersonal skill yang baik dapat dibangun dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi yang asertif dan efektif.

e)      Mempunyai kesadaran bertanggung jawab yang lebih besar untuk memperbaiki diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar